Portal User - Monday, 20 December 2021

1307 x Dilihat

17 Unit Kerja Kementerian Perhubungan Raih Predikat WBK/WBBM Tahun 2021

Diakhir penghujung tahun 2021 tepatnya Senin tanggal 20 Desember 2021 bertempat di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menyelenggarakan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Apresiasi dan penganugerahan ini merupakan ajang pemberian penghargaan bagi unit kerja yang berhasil memperoleh predikat WBK/WBBM yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Kegiatan Apresiasi ini di buka oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin secara virtual. Penganugerahan ini disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Kementerian PANRB dan Instagram Rbkunwas (@rbkunwas).

Dalam ajang Apresiasi dan penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM tersebut, juga menetapkan 10 pimpinan perubahan. Menteri Perhubungan untuk kesekian kalinya kembali memperoleh penghargaan sebagai Pemimpin Perubahan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Penghargaan diberikan oleh Wakil Ketua Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufrondan diterima oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan mewakili Menteri Perhubungan.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga meraih predikat WBK/WBBM, sebanyak 13 unit kerja meraih predikat WBK dan 4 unit kerja meraih predikat WBBM. Predikat ini tidak saja sebagai wujud apresiasi, namun melambangkan komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus melaksanakan reformasi birokrasi demi mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan birokrasi yang mampu mewujudkan pelayanan publik yang prima.

Peraih Predikat WBBM Tahun 2021

    1.Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III-Surabaya

    2.Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI-Padang

    3.Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali

    4.Balai Kesehatan Penerbangan

Peraih Predikat WBK Tahun 2021

    1.Direktorat Sarana Transportasi Jalan

    2.Satuan Pelayanan terminal Tipe A Baranangsiang

    3.Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jatijajar

    4.Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi-BPTD Wil.X Provinsi Jawa Tengan dan DIY

    5.Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak

    6.Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok

    7.Distrik Navigasi Kelas I Belawan

    8.Distrik Navigasi Kelas I Dumai

    9.Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I-Tangerang

    10.Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II-Medan

    11.Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII-Manado

    12.Balai Pengujian Perkeretaapian

    13.Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi jalan dan Perkeretaapian

Apresiasi dan Penganugrahan ini menjadi penyemangat dan pendorong bagi Kementerian Perhubungan untuk terus membangun budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan memberikan pelayanan bagi masyarakat dengan prima akan semakin tumbuh dan berkembang dan menjadi lebih baik lagi. (MPN)