Portal User - Tuesday, 22 December 2020

1018 x Dilihat

Penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020 diraih Oleh 14 Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Perhubungan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) memberikan penghargaan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) kepada 14 Unit Kerja Di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Penghargaan itu diberikan dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin, 21 Desember 2020. Penganugerahan ini disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Kementerian PANRB dan Instagram Rbkunwas (@rbkunwas).

Atas capaiannya itu, Kementerian Perhubungan juga menerima penghargaan "Pemimpin Perubahan" dari Kementerian PANRB. Menteri PANRB Tjahjo Kumolo didampingi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyerahkan apresiasi dan penghargaan kepada 10 pemimpin perubahan salah satunya adalah Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi. Penghargaan ini menunjukkan pembangunan Zona Integrasi di Kementerian Perhubungan semakin kuat. Dalam penyerahan penghargaan tersebut, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyebutkan pembangunan Zona Integritas merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia.

Adapun 14 (empat belas) unit kerja Kementerian Perhubungan yang mendapat penghargaan WBK yakni :

  1. Balai Besar Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta
  2. Direktorat Angkutan Udara
  3. Direktorat Navigasi Penerbangan
  4. Distrik Navigasi Kelas I Makassar
  5. Otoritas Bandar Udara Wilayah III-Surabaya
  6. Otoritas Bandar Udara Wilayah VI-Padang
  7. Otoritas Bandar Udara Wilayah VII-Balikpapan
  8. Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Gresik
  9. Satuan Pelayanan UPPKB Cekik-BPTD Wil XII Provinsi Bali dan NTB
  10. Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Ir. Soekarno-BPTD Wil X Provinsi Jawa Tengah dan DIY
  11. Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan
  12. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  13. Politeknik Penerbangan Medan
  14. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 ini penyerahan penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dilakukan secara daring dikarenakan pandemi covid-19 yang masih terjadi. Unit kerja yang telah mendapatkan predikat WBK dan WBBM diharapkan dapat menjadi role model, memicu dan memacu unit kerja lainnya yang masih berjuang mendapatkan predikat WBK dan WBBM untuk dapat melakukan perubahan dalam hal pencegahan korupsi dan pelayanan prima.

Sejak 2018 hingga 2020, total sudah 26 unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan yang meraih predikat WBBM dan WBK dengan rincian 1 WBBM dan 25 WBK. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada kementerian dan atau lembaga yang berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Selamat kepada unit kerja yang telah mendapatkan predikat WBK Tahun 2020 dan terus meningkatkan prestasinya sehingga dapat meraih predikat WBBM di tahun 2021. Kepada seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan mari terus menjalankan Reformasi Birokrasi dan membangun Zona Integritas demi meningkatkan integritas dan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat Indonesia. (RED)

Penulis : Risa Eka Daniria (Analis Tatalaksana)