Portal User - Tuesday, 23 November 2021

1712 x Dilihat

Pembinaan Bidang Kepegawaian dan Organisasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2021

Satu lagi kegiatan Biro Kepegawaian dan Organisasi telah dilaksanakan. Kegiatan Pembinaan Bidang Kepegawaian dan Organisasi di lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2021 dengan Tema Penyederhanaan Birokrasi, Adaptasi Perubahan dan Optimalisasi Kompetensi Sebagai Momentum Menuju SDM Unggul digelar secara hybrid diikuti oleh lebih dari 600 peserta sukses diselenggarakan pada hari Selasa 23 November 2021 bertempat di Grand Mercure Hotel, Jakarta.

Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, Bapak Hernadi Tri Cahyanto selaku Penanggung jawab kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pembinaan Bidang Kepegawaian dan Organisasi Tahun 2021 merupakan program tahunan dari Biro Kepegawaian dan Organisasi.Rakor ini dimaksudkan sebagai forum koordinasi dan komunikasi diantara sesama pejabat pembina dan pengelola kepegawaian di lingkungan Kementerian Perhubungan yang bertujuan menyamakan persepsi, gerak dan langkah para pengelola kepegawaian dalam membangun dan mengembangkan sumber daya aparatur, khususnya dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan integritas pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Perhubungan dalam menghadapi tantangan tugas dan kewajiban, yang pada akhirnya diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan kinerja pelayanan dan kesejahteraan para pegawai .

Khidmatnya acara semakin terasa saat Sekretaris Jenderal, Bapak Djoko Sasono menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau mengajak seluruh peserta untuk secara profesional mewujudkan Reformasi Birokrasi sebagai agenda utama implementasi nyata UU Aparatur Sipil Negara. “Banyak hal harus kita lakukan yaitu melakukan percepatan dalam rangka penyederhanaan organisasi, beradaptasi dengan perubahan dan meningkatkan kompetensi, bahkan tidak cukup dengan beradaptasi saja namun kita juga dapat mengadopsi teknologi maupun sistem yang tepat bahkan kita mampu memodifikasi hal positif tersebut untuk Indonesia. Kita harus menjadi orang-orang terdepan dalam memahami pokok-pokok perubahan yang terjadi dan harus siap menjadi agen perubahan di lingkungan unit kerja masing-masing dengan bekal profesionalitas” ajak beliau penuh semangat.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal juga menyampaikan harapan bahwa meskipun dalam situasi pandemi agar pembinaan seperti ini selalu dilakukan agar tercapai sinergi pengelolaan kepegawaian dan organisasi di seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan dengan selalu berpedoman pada nilai-nilai yang positif dalam pelaksanaan tugas. “Pegang teguh Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" sebagai fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Kita sebagai ASN harus berorientasi pada Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. ASN harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jiwa melayani dan membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri setiap ASN.” demikian pungkasnya.

Acara mengusung tema “Penyederhanaan Birokrasi, Adaptasi Perubahan dan Optimalisasi Kompetensi Sebagai Momentum Menuju SDM Unggul”, mengangkat beberapa topik materi untuk dihadirkan sebagai menu utama. Materi pilihan ini tentu saja disajikan oleh narasumber yang kompeten. HAdir sebagai pembicara utama Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian PANRB , Dr. Ir. Alex Deny, MM., dengan materi Core Values dan Employer Branding ASN BerAKHLAK. Disamping itu dihadirkan pula narasumber kompeten lainnya yaitu Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur - Kementerian PANRB, Aba Subagja dengan materi Pola Karier Jabatan Fungsional Pasca Penyederhanaan Birokrasi sesuai PermenPANRB No. 22 Tahun 2021 tentang Pola Karier PNS. Direktur Pengadaan dan Kepangkatan- BKN , Ibtri Rejeki, S.H., M.M. dengan materi Kebijakan Kenaikan Pangkat ASN Pasca diterbitkannya Permenpan Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Kepala Pusat Teknologi Pengembangan Kompetensi - LAN , Muhammad Firdaus dengan materi Kebijakan Diklat ASN pola e-Learning. Materi Kesejahteraan ASN dengan narasumber : 1) Direktur Kerjasama Kepesertaan BP.Tapera; 2) Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Jakarta; 3) Kepala Divisi Layanan dan Pemasaran PT. TASPEN (Persero).

Keseriusan dan semangat tidak saja tampak pada narasumber namun para peserta baik yang hadir secara fisik maupun virtual. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias mengikuti jalannya acara dan terlihat semangat mengikuti sesi tanya jawab dan diskusi.

Ditengah upaya mewujudkan SDM yang unggul yang sedang dilakukan, tidak dipungkiri bahwa Kementerian Perhubungan masih mempunyai beberapa “pekerjaan rumah” di bidang kepegawaian dan organisasi yang masih perlu upaya yang optimal mulai dari pengambil kebijakan hingga seluruh pengelola kepegawaian . Karenanya besar harapan semoga Pembinaan Bidang Kepegawaian dan Organisasi sebagai upaya brainstorming ini mampu memberikan energi yang positif demi meningkatkan pemahaman dan menyatukan kesamaan persepsi berkaitan dengan berbagai Kebijakan dan Peraturan Kepegawaian. (Delish.D. Analis Kepegawaian Muda- Dok. Nazilul BKIP)